3N (Nugroho, Novira, dan Nabila)

Friday, May 05, 2006

Sushi Time

Dua minggu yang lalu, kami sekeluarga di undang makan siang sama Banzai san. Sebenarnya bukan kita bertiga aja sih yg diundang, ada om Yayat, pak Puji, pak Adila sama tante Xia (mahasiswi dari China). Oh yah sedikit intermezo Banzai san itu org Jepun yang senang banget bersahabat dengan orang Indonesia yang kuliah di IUJ, jadi udah turun temurun gitu. Ngundangnya by telpon sih, tapi yg aku heranin kok lunch jam 11.00.
Waktu itu kayaknya cuaca agak2 mendung deh dan kayaknya malas bgt mo keluar rumah krn baru kemarinnya kita abis jalan2 hanamian ke Takada Park di wilayah Joetsu yg pulangnya dah larut malam. Selain masih capek kok kayaknya enakkan istirahat di rumah aja yah....tapi bagaimanapun ini kan undangan jadi wajib dtg lah yah.. krn rumah Banzai san lumayan dekat kok dari apato kita.
Pas nyampe sono, ternyata dah ada juga tamu Banzai san yg dateng namanya Fusako Bandai san dia dtg ama cucunya Asahi san. Pas masuk kedlm rumahnya, kami para ibu2 (Bandai san, tante Xia, dan aku) langsung diajak ke dapur yg ukurannya sama ama apato kita. Saat itu aku baru nemuin jwbannya kenapa kita disuruh dtg jam 11.00, yup kita ternyata selain lunch juga mo di ajarin bikin sushi dulu *langsung praktek bo...*. Aku sih hepi2 aja, walaupun lidahku msh belum bersahabat dgn makanan sehari2 penduduk jepun ini.
Tuan rumah dah nyiapin semua bahan di atas meja, aku sama tante Xia sebagai org asing mengikuti sang sensei saja (Bandai san), pokoke apa2 aja yg pertama2 hrs dilakukan terlebih dahulu dari tahap awal, ampe selesai. Yang bikin aku kaget si Asahi san dgn hitungan menit, si sushi roll dah siap dipotong (padahal beliau anak cowok yg umurnya baru 7 thn gitu) *dlm hati sugoi amat nih anak*
Membuat sushi sendiri ternyata gak sulit2 amat, yg aku inget dan sempet aku tulis hsl tanya2 dari sang sensei bahan2nya yaitu: memakai bahan utama nasi yang sudah dibumbui, nori yaitu rumput laut dalam bentuk lembaran tipis seperti kertas, tobiko (telur ikan terbang), unagi (irisan daging belut yang sudah dibumbui dan dipanggang), kyuri (mentimun Jepang yang berwarna hijau, telur yg sdh didadar, kane (kepiting), udang, mushroom, mayones Jepang (dalam botol plastik, berwarna agak kekuningan). Dan untuk makan sushi, perlu disiapkan shoyu yang kental dan yang encer (ushukuchi) yang tersedia dalam berbagai merk, wasabi (berwarna hijau, merupakan akar tumbuhan yang diparut halus), dan gari atau acar jahe muda yang berwarna merah muda.
Semua bahan2 tersebut sebenarnya dah ada di supa (supermaket), supaya gak salah beli bahan dan meraciknya, kata Bandai san ternyata jenis sushi itu byk macamnya seperti yg pernah aku lihat di toko2, emang sushi tuh lumayan byk warna dan bentuknya bener2 memikat mata oii *itu salah satu alasan aku penasaran ama yg namanya sushi* walaupun lidahk
u masih belum familiar (hihiihi) padahal kalau doyan ama makananan ini bikin badan sehat loh! (sumpah gak promosi!)
Kalau ada yg mo tahu nama2 jenis sushi itu apa aja ini aku sebutin yah : sushi yang digulung dengan nori, dikenal dengan nama norimaki, jenis ngiri sushi yang berupa kepalan kecil nasi dengan aneka topping di atasnya. Sedangkan temaki merupakan jenis yang dibentuk dengan tangan, berupa kerucut dari nori dengan aneka isi dan jenis chirashi, nasi sushi yang ditaruh dalam cawan.
Terus peralatan yg dipake : Makishu atau anyaman bilah bambu yang dipakai untuk menggulung sushi merupakan alat utama untuk membuat sushi jenis rol. Plastik lembaran yang tipis, dan pisau yang tajam ama talenan bersih. Dan terkhir untuk penyajiannya, bisa dipakai piring keramik, bundar atau segi empat dengan sumpit, cawan kecil untuk tempat shoyu (gampang kan?).
Setelah selesai semua masakan, gak lupa di foto2 dulu si imut2 nan cantik ini (cihuy..bener2 cantik dan memikat mata) setelah itu baru semuanya disiapin di atas meja, oh yah yg menata perlengkapan makan, kayak cawan, sumpit, piring dan gelasnya itu Nabila ama Tina (anaknya tante Xia). Tina lumayan mahir utk urusan yg satu ini, bener2 tertata dgn rapi semua sumpit, dan teman2nya (maklum tante Xia kan Chinese), kalau Nabila sih cuma ikut2 an Tina aja (hihihi).
Bapak2 yg dah pada laper dng aba2 dari Asahi san "Itadakimasu..." tanpa babibu lagi langsung sikaaaatt..., selain sushi ada juga spagheti bolognise dan kue coklat yg aku bikin dari rumah menjadi santapan makan siang saat itu. Setelah kenyang, dan semuanya udah dicoba apalagi yah ... oh yah ada korban terakhir yaitu ice cream..(kalau ini Nabila paling khusyu makannya).
Waktu itu acaranya gak cuman lunch doang, hbs makan kita sempet di ajarin origami (bikin angsa) lucu2 deh ngeliat bapak2 balik ke TK lagi, setelah itu Banzai san juga ngajarin ke kita para ibu ama bocahnya bikin boneka2 oshin dari bahan kertas dan kardus gitu.., bener2 pengalaman baru buat kami saat itu. Untung saja kami datang memenuhi undangan dari tuan rumah yg ramah dan baik itu. (pake dibawain buat pulang segala hihihi...) Seperti biasa sebelum pulang kita foto2 dulu, dan pamitan deh Arigato Gozaimashita yah Banzai san...moga2 gak berhenti sampai disini aja silaturahmi kita Sayonaraaa....

6 Comments:

Blogger novira said...

mmmmmm

Sunday, May 07, 2006  
Blogger Gege said...

Zebby suka tuh makan roti tawar, dikasih margarin trus dikasih wijen sangrai dan nori yg dicincang..yummy

Sunday, May 07, 2006  
Blogger bibipbondry said...

jd pengen kappa sushi nih Ir ^o^

Monday, May 08, 2006  
Anonymous Anonymous said...

Looking for information and found it at this great site... Can you become allergic to generic viagra Cheaper price phendimetrazine on line Jvc dvd player xv n312s fair debt collection practices act mini miranda

Wednesday, February 14, 2007  
Anonymous Anonymous said...

best regards, nice info Jeu pornstar Sony car stereo parts parental control Voice over ip solution broadband phone company gangbang purchase patanol Video conferencing protocol Online+weight+pills Free ringtones verizon cdm 8600 Mazda 3 126kw pontiac grand prix performance chip escalade license plate frames Zegna sport What is blackberry tm Talk america international calling plans michigan get free nokia ringtone Metal wheelchair ramp plans Culver city botox V400 mp3 ringtones

Tuesday, March 06, 2007  
Anonymous Anonymous said...

my computer properties is showing that it is manufactured and supported br DARWIN-SYSTEM ENGINEER. This change has occured only a few weeks before. I tried uninstalling many programs that I have installed recently. But, in vain. Do anyone experienced this problem? Or is this hacking??? Or is this due to virus??? Please help. My pc also restart automatically for 5 or 6 times from 9.59pm(Indian Standard Time) everyday. Please help. I'm completely screwed. [url=http://gordoarsnaui.com]santoramaa[/url]

Saturday, February 20, 2010  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home