3N (Nugroho, Novira, dan Nabila)

Saturday, August 12, 2006

BiaR di KaMpunG, TetEp aJa BanYak EveNts

Hmmm..are u still with me? hehehe..kali ini gw mo ngomongin Jepun ah, kenapa? selain gw mo cerita pengalaman gw selama 8 bulan disini ke teman2..gw juga heran aja.. kenapa kok di negeri sakura ini senang banget bikin perayaan? di setiap musim pasti aja ada perayaannya. Pas winter ada snow festival (yuki matsuri), mereka pada bikin boneka salju (yuki daruma) n' rumah salju (kamakura). Abis itu ada 'hanami' ato ngeliat bunga sakura pas spring, trus ngeliat daun momiji yang memerah dan rontok pas musim gugur (fall). Nah kalo pas summer gini mereka bikin summer festival yang ada parade kimono ama tarian adat trus diakhiri pake kembang api (hanabi). Di setiap kampung pasti ada acara ini...semakin besar kotanya, semakin banyak hanabinya...padahal kan mahal yah? kata mereka sih itu bagian dari doa agar selalu sehat, panjang umur dan murah rejeki makanya mereka rela ngeluarin uang banyak utk natsu matsuri ini. Kalo menurut gw sih itu termasuk pemborosan n' mubazir...trus org yang suka mubazir itu temennya syetan (kata hadist lho...), makanya gak usah diikutin ya...kita nikmatin ajah mumpung masih di Jepun...he..he...
Makanya, walo gw tinggal dikampung (pedalaman Jepun) tetep aja banyak event yang bisa diliat...apalagi kalo rajin keliling kampung ato nyabanin kota sebelah. Setelah pulang dari Tokyo Tour, kami bertiga (3N) sempet liat parade kimono di Muikamachi...cuman sayang waktu itu gerimis, jadi gak terlalu enjoy deh. Abis itu kita nikmatin hanabian di kampung ndiri...Urasa..lumayan sih sekitar satu jam. Walo sempet kaget karena suara hanabi yang menggelegar kenceng banget, Nabila seneng banget kalo liat hanabi. Nabila jadi apal deh...ichi ban...dduuuaaarrr ... ni ban ...dduuuaaarrr ....san ban ....dst. Lumayan ada pelajaran menghitung sambil hanabian, karena setiap sponsor dibacain dulu baru diledakin....coba bayangin kalo ada 100 sponsor, pasti lama buanget he..he...buat bunda ini, yg punya leyot hanabi juga.. mo ngajakin hanabian bareng, maaf yaa bun..kita dah duluan ..
Abis Urasa festival, pas weekend-nya kita pergi lagi ke Nagaoka...itu tuh kayak kota kabupatennya gitu...kebetulan kelurahan Nagaoka lagi mo ngadain pesta BBQ utk acara perpisahan beberapa warganya yg udah selesai studi S2 dan S3-nya...selamet ya...semoga sukses selalu dan kembali ke tanah air dengan selamat. Kalo di ajak ke Nagaoka, Nabila semangat banget krn bisa ketemu ama Caca...siapa Bil? itu tuh...Caca-nya tante Febri jawab Bila. Bener deh kalo mereka berdua udah ketemu, misahinnya susah banget...Bila gak mau diajak pulang deh. Jam 7.30-an akhirnya kita meninggalkan Nagoka...eh pas sampai di daerah Ojiya...ada hanabian juga...ya udah sambil ngisi bensin yg udah menipis, Mas Nugy parkir di pom bensin trus kita liat kembang api yang diluncurin di pinggir kali...hhmm acara hanabian yg kebetulan dan ternyata lebih besar dari Urasa!
Sebenarnya ada satu acara hanabian yang pingin banget kita liat yaitu di Kashiwazaki krn unik banget...diluncurin dari atas kapal dan nontonnya di pinggi pantai...sayang pas hari H-nya keluarga tante Febri gak bisa krn gak bisa ninggalin tugas kampus...sementara kalo pergi sendiri rada males...jauh soalnya...hampir 2 jam nyetir dari Urasa. Akhirnya kita putusin aja utk ngeliat hanabi di Nagaoka ...katanya ini hanabi terbanyak di Jepang...3 hari lamanya dan masing-masing sekitar 2 jam...puas kan? tempatnya unik juga krn diluncurin dr tengah kali trus nontonnya dari dua sisi pinggiran kali...rame deh semua org tuplek bleg di situ. Selama dua jam nikmatin ribuan ledakan kembang api...pegel juga nih leher...sekarang Nabila udah gak kaget lagi lho denger ledakan hanabi dari deket.
Berbagai variasi warna dan bentuk ada di sini....termasuk niagara fall yg dibuat di sepanjang jembatan yg mengapit tempat hanabian. Puuaaasss dehh dan yang pasti setelah ngeliat hanabi di Jepang...jadi kurang tertarik utk ngeliat kembang api di Monas ato Ancol ..he..he.. bukan ngeledek lho...emang gak sebanding...Tapi gw tetep cinta loh ama Tanah Air , Indonesia RAya...terutama sama makanannya...selain uenak2 rek selalu ngangenin..dibanding ama makanan disini he..he..

11 Comments:

Blogger Greiche Gege said...

Waahh...bagus banget hanabi-nya....
suaranya juga lebih bagus kali yah?
gak kayak mercon yg buat orang pengantenan kan? heheheh...

Pokoknya jangan lupain event2nya yah mbak..kutunggu selalu info jepun-nya...:D

Saturday, August 12, 2006  
Anonymous Anonymous said...

emang enak di kampung ra, daku juga disini tinggalnya di perkampungan, kalo lagi musimnya, ada aja yg ngasih sayur, jeruk, de el el..hehehe..hidup kampung!! :D

Sunday, August 13, 2006  
Blogger Vina said...

Huaaa.. Asik dooong, banyak tontonan.. Ga ky kt kebanyakan nonton tipi. Hehe.. Kpn2 post foto Mbak Ira pake kimono yaa.. Wassalamu'alaikum.. ;)

Sunday, August 13, 2006  
Blogger Mama Firza said...

hanabi nya keren yach??
Nabila pasti seneng banget tuh liat kembang api.. Bila puas-puasin yach liat kembang api disana ntar klo balik ke indo pasti jarang deh kembang api model begituan

Monday, August 14, 2006  
Blogger Niken said...

iya, di jepun biar kampung tetep banyak ibento (event) ya, asyik tiap bulan wakuwaku nungguin event2. Bila seneng ya liat hanabi? Aya blm pernah nonton hanabi dr deket lho, nontonnya dr jendela apaato, itu jg waktu di nozawa :-(
Udah nonton bon odori belum?

Monday, August 14, 2006  
Blogger Inayah said...

Mumpung di Jepun....cari pengalaman baru ya Ra, oleh-oleh buat pulang kampung nanti...:))

Tuesday, August 15, 2006  
Anonymous Anonymous said...

haduuh... bagus2 banget sih kembang apinya.. amazing yaa..

Tuesday, August 15, 2006  
Blogger Rahmi Sukma said...

Kembang apinya kereeeeen banged!
Keknya di Jepun sering ada festival gitu ya Ra.
Eh gw punya temen di Niigata juga, kenal gag ya Ra. Namanya Anna, dokter gigi dari Jogja lagi ambil S3 di Niigata.*Universitinya lupa* Sapa tau ngumpul2 sama orang endonesiah. he...hee..

Tuesday, August 15, 2006  
Blogger Bundanya Anne said...

keren mbak..kapan yaa bisa liat hanabian di jepun? paling2 daku mah beli kembang api sendiri pas bulan puasa, secara bogor mah jarang pisan ngadain acara pake kembang api, paling2 bener kata gege, pas kawinan doang pake mercon hehehehehe..

Wednesday, August 16, 2006  
Blogger Miming said...

spik spik perayaan, selamat hari proklamasi ya? besok upacara ga?

Wednesday, August 16, 2006  
Blogger ira i said...

kireii.....makasih ya....aku bisa melihat hanabi lewat blog ini...hiks...kasian banget deh gw!

Thursday, August 24, 2006  

Post a Comment

<< Home