3N (Nugroho, Novira, dan Nabila)

Thursday, August 10, 2006

SumMer ...ooh...SuMmeR

Hhhmm...gak terasa udah sebulan lebih gw menikmati cuaca panas di Urasa. Atsuiiiii...kata Nabila yg udah lumayan fasih ngomong Nihon go... Tapi kalo pas ngikutin ramalan cuaca di NHK, Alhamdulillah panasnya Urasa masih bisa dinikmati ya sekitar 30 derajat gitu, tidak sepanas di Kyushu ato Okinawa yang bisa sampe 36 derajat...wuuiihhh kayak di oven tuh. Dan enaknya lagi, anginnya sepoi2 karena kampung Urasa dikelilingi sama pegunungan (Echigo sanzan) dan hamparan sawah ladang yang hijau nan luas...he..he... persis kayak suasana di Garut ato di Tasik kali ye....gak percaya? coba liat fotonya....tul kan? Kampus papanya Bila bener-bener ditengah sawah...kebetulan Urasa emang terkenal sebagai penghasil beras terbaik di Jepang, namanya Koshihikari. Pernah ngerasain gak...mahal lho harganya! kita aja yang tinggal di Urasa gak pernah ngerasain beras koshihikari he..he..



BTW, ngeliat pergantian musim di Jepun (or mungkin di negara2 yang punya 4 musim lainnya) menarik loh, krn ganti musim berarti ganti juga pemandangan di sekeliling tempat tinggal gw *baca: kampus*... Waktu pertama kali gw nginjak kaki disini...yg gw liat waktu itu semuanya putih...byk gundukan2 salju setinggi 5 meter....kalau mo kemana2 pemandangan jadi silau...krn semuanya berwarna putih-tih-tih. Trus pas winter menghilang...sambil nyanyi "sayonara siroi tomodachi..." kita sambut spring ato musim semi, pohon2 yg tadinya putih berubah jadi hijau...dan sakura cantik yg umurnya hanya seminggu m'jadi pusat perhatian banyak orang, so menggoda kita untuk moto2 dan makan2 dibawah-nya. Habis itu mulai turun hujan dan mulailah warga sekitar Urasa yang sebagian besar petani menggarap sawahnya, ada juga yg menanami lahannya dgn sayuran kayak tomat, timun, terong, dll. Yang paling banyak gw temui adalah suika alias semangka...dan emang cuma pas summer aja di Jepun semangka ada...eh...ada juga ding buah strawbery n' anggur...gemes jadi pingin metik he..he..sayang itu punya orang ntar masuk penjara n' dideportasi deh. Untung juga tetanggaan ama kebon buah, kalo mo makan suika tinggal pergi ke petani...nyobainnya bisa separo ndiri trus harganya ...weleh...weleh...murah buanget, cuman 30% dari harga pasar...kenyang boo!



Bukan cuma pemandangan di apaato aja yg jadi beda dgn adanya pergantian musim, tapi di Departement Store atau ditempat2 belanja yg menawarkan busana2 & aksesoris2 juga ganti fashion...maksudnya biar matching gitu deh dgn tema musimnya. Dan tentunya jadi ajang buat ngeborong belanjaan krn diawal musim ada SALE gila2-an. BAhkan untuk musim ujan yg cuma sebulan aja, orang2 juga sibuk belanja payung lucu2 n' boots or sepatu tahan air dengan berbagai design n' motif... Ga kebayang uang yg dah mereka keluarin buat belanja2 fashion terbaru, empat musim loh booww, soalnya gw ga segitu2-nya ngikutin fashion, bahkan dulu waktu kecil, nunggu lebaran dulu baru dapet baju baru (hehe..kasian bgt yak gw)

Dan....di saat org2 sibuk belanja tank top, T-shirt, celana pendek, n baju2 yang tidak memanaskan lainnya, gw harus tetep berjuang keras melawan panas dgn fashion kebanggaan muslimah ini. Lucunya ada org2 yg lugu n nanya "Ga beli kaos lengan pendek?" Gw: "Lah?? mau kayak apa musimnya, yah emang gini2 aja bentuk bajunya !!! "tapi gw tetep heppi krn kulit gw tertolong untuk ga jadi gosong, dan bisa jadi sauna berjalan (kali aja gw bisa mengembalikan 10 kilo ini ke jarum ukur semula..hehehe

Oh ya, pas musim summer gini makanan juga jadi ga awet karena suhu panas, yang biasanya bisa buat dua hari, dtinggal sehari aja dah bau gitu alias basi, walhasil setiap hari harus masak deh (makanan harus langsung diabisin hari itu juga soalnya). Tapi untungnya suami gw yg perhatian itu..dah nyiapin AC jauh2 hari sebelum gw dtg kemari...so, AC jadi nonstop 24 jam deh gw gak tahu tuh AC bakalan ngadat atau gak..yg jelas paling2 akhir bulan, kita yg akan terkaget2 dgn bayaran listrik yg lebih mahal dari bulan sebelumnya.

12 Comments:

Blogger Vina said...

Tetep istiqamah ya. Saluuut.. Semoga berjilbab selalu sepanjang hayat.. Itung2 bersyiar tanpa kata2.. Ngmg2 muslim Jepangnya udah byk yg pake jilbab belum sih??

Thursday, August 10, 2006  
Anonymous Anonymous said...

emberrr,..disini daku juga gitu ra,..soalnya kan pakenya item2, jilbabnya panjang pula, plus baju gombrong, hahahaha....udeh deh,..kalo ke supa, itu yg namanya obasan2 pade bisik2 disamping...xixixixix....tapi...ya sud...soganai desunee?..mo nerangin juga, jepun aye masih ancur lebur, yg ada, bukannya dapet petunjuk, malah mengacaukan kepala mereka ntar *tawalagiguling2* :D

Thursday, August 10, 2006  
Blogger Bundanya Anne said...

jadi hemat baju & hemat biaya yah mbak :D

masak? hmmm..masak apa hari ini mbak? aku ikutan makan siang yaahh..

Thursday, August 10, 2006  
Blogger Greiche Gege said...

mau ikutan foto dong di sawah2 yg hijau2...*di KL gak nemu*

Thursday, August 10, 2006  
Blogger Bunda Faikar said...

hahaha, samaan ama moeng, apalagi gw kalo jemput anak sebelum libur kemarin, ibu ibu yochien pada berebut ngipas ngipasin gw, katanya kasiyan liat gw kepanasan, padahal sambil nyengir gw bilang atsukunai yoo hahahaha....
disana berarti sayur mayur masih murah dong?? urayamashiii di urawa sini wortel naik 100 % semua sayur mahal kabehh uuhh padahal mana bisa nggak makan sayur kirim dong ke urawa suikanya hehehehe

Thursday, August 10, 2006  
Anonymous Anonymous said...

wehehehehe.. sabar aja Ra, cuekin orang lain mo ngomong apa ;). kalo di rumah kan bisa pake tanktop :D

Thursday, August 10, 2006  
Blogger Niken said...

Aduuuh...Kashiwa mo atsuiiyoo kyk di Okinawa hehehe.. Coba itu suika lempar kemari, jgn cm cerita ya (yang ada kepalaku benjol yah). Iyah, emang enak bgt kl tinggal di tmp kelilingan gunung, sejuk selalu, tp kl winter siap2 salju ya. Sayur jg pasti murah ya? Jd pingin balik ke Nozawa...

Thursday, August 10, 2006  
Blogger Inayah said...

itu sawah bikin kangen kampung euy...!Met weekend ya Ra...btw, Gege TOB banget deh!

Friday, August 11, 2006  
Blogger Keira Adzra Athayya said...

senangnya tetanggan ama kebun buah... segeerrrr....:D Bisa makan sepuasnya dunk...

Friday, August 11, 2006  
Blogger Nia said...

Asyiknya bisa main ke sawah.. Rayna seumur hidup blm pernah main ke sawah hihihi :)

Friday, August 11, 2006  
Blogger Ophi Nurwicaksono said...

Waduhhhhhhhhh di sini mah mulai ujan melulu nihhh, gerimis sih teu sagede2 gaban kaya di bandung..huhu jadi kangen

sawahnya ijo bangettt...jadi laper (lho?)

Friday, August 11, 2006  
Blogger Rahmi Sukma said...

iiiiih pemandangan sawahnya bagus ya. Bisa mengobati rindu liat pemandangan sawah di Indonesia deh.
Kupikir umur padi itu lama. Apa di Jepun jenis padinya berumur pendek, sehingga sebelum winter udah panen kali ya...

Owiyah, lam kenal ya Ra. Aku sering liat di komen2 blogger, jadi penasaran deh mampir. Boleh link gag?

Saturday, August 12, 2006  

Post a Comment

<< Home