3N (Nugroho, Novira, dan Nabila)

Monday, May 22, 2006

Dunia Pembokatan

Posting kali ini yg mo diceritain adalah soal pembantu2..istilah okemnya dunia pembokatan. Kenapa gw mo bahas ini? sebab ini PR dari mama Aya secara dia pengen tahu dunia pembokatan menurut kaca mata gw. Moga2 pengalaman gw jadi majikan yg cuma sebentar bermanfaat buat temen2 di Indo atau temen2 yg mo pulkam yg nantinya butuh seseorg buat bantu2 urusan pekerjaan rumah tangga.
Namanya juga pembantu yah..menurut gw tugasnya itu kan membantu majikan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga (PRT), bukannya bikin majikan pada senewen ama namanya makhluk satu ini..*hihihi* kok jadi emosi gituh! Pernah ada kasus yah bu? he eh..
Gw pertama kenal ama yg namanya pembantu itu pas hbs lahiran.. tepatnya maret 2003 secara pertama kalinya gw berasa butuh sekali seseorg yg mo bantu2 tugas gw. Setelah ada yg merekomendasikan datanglah seorg ibu beranak 4 dan belum tua2 amat namanya Pok Ida, krn rumahnya gak jauh dari tempat gw tinggal so, dia hanya dateng pagi dan pulang sore *gak nginep*. tugasnya biasa seperti tugas pembantu lainnya cuci piring bks makan mlm, nyuci baju, nyetrika, mandiin Nabila dan nyapu trs ngepel. Kalau urusan masak memasak aku masih bisa sendiri. Pok Ida ini lumayan pengalaman utk urusan ngurus bayi secara dia pernah kerja di bidan, tapi agak byk omong alias suka gosip sana sini. Dia kerja gak lama kira2 cuma 5 bln karena kita beli rumah yg dah jadi *sebelumnya ngontrak* akhirnya kita pindahan rumah dan pok Ida gak mau ikut alasannya dia gak mo kerja di tempat kita yg baru krn pake keluar uang buat ongkos pulang pergi. *yah sutera kalau begitu* Kalau kita perhatiin pok Ida ini kurang jujur alias suka bohong dlm hal apapun ngomongnya suka berbelit2.
Syukurnya langsung ada penggantinya pok Ida namanya Yani, umurnya 16 th orangnya kecil, tapi pendiam, kerjanya juga bersih dan rapi, tapi kekuranganya masih polos bgt. Pernah suatu hari gw keluar rumah buat nganterin nyokap pergi Haji dan mas Nugy ngantor yg artinya Yani sendirian dirumah, pas gw pulang dia nangis2 gitu, gw bingung dan langsung nanya ada apa?, dia cerita tadi ada org dtg ngetok2 pager rumah dan minta tabung gas buat diisi, padahal Yani sendiri gak mesen gas. Setelah ditunggu lama tuh org gak balik2, yah gak mungkin balik lah namanya juga nipu, tapi dasar Yani yg polos, nganggap semua org itu baik yah udah jadi sasaran yg empuk saat itu. Yani ikut kita cuma 7 bulan krn dia dijemput bapaknya dari kampung, alasan bapaknya Ibunya Yani sakit (dikampung) krn omongan tetangga di kampung krn
Yani belum juga merit. *Aduh ada2 aja deh* 16 thn gitu loh masa dah mo dikawinin?
Selang seminggu setelah Yani gak ada dtg seseorg yg katanya niat bgt mo kerja namanya Nopi umurnya juga relatif masih muda bgt kira2 14 thn. Nopi ini kalau berpakaian monya yg seksi2 gitu (yg super duper ketat) sampe2 gw digodain ama tetangga supaya hati2 *hihihi* secara lebih seksi pembantunya dari majikannya *Wuahaahaaha* Pernah ditawarin kaos2 oblong sama mas Nugy yg waktu itu baru pulang dari Malaysia atau Singapura *lupa* ditolak mentah2 krn kaos oblongnya longgar kaga ngetat *hahaha*. Kerjanya monya cepet2 tapi kepakelah krn rapi dan bersih. Tadinya pikir gw moga2 ini yg terakhir krn kasihan juga Nabila hrs beradaptasi trs dgn org baru. Emang dasar gak rejeki... Suatu hari gw niat mo mulai senam BL lagi, langsung nyari baju senam di lemari *bongkar sana bongkar sini* kok gak ada siapa yg make? kan dirumah gak ada siapa2 selain gw, suami, Nabila dan Nopi. Gw langsung negative thingking!, tapi kok berani? agak gak percaya gitu, gw langsung ke kmrnya dan buka lemarinya pas Nopi lagi ngajak main Nabila di halaman. *Eing Ing Eng* bener aja dugaan gw, baju senam satu stel gw ada dilemarinya dan bukan hanya baju senam aja, gw juga nemuin baju gw, BH, lipstik, diapers Nabila yg dah dipotong dua. Aduh nih org maksudnya apa sih? emang gw kalo main ke tetangga gak pernah yg namanya kunci kamar gitu dan kunci lemari juga gw gantungin aja di lemari. Mungkin ini kecerobohan gw.. cuma pas gw nanya ke Nopi lagi... setelah bukti2 ditangan gw, dia tetep bilang bhw gak ngelihat baju senam gw. sampai tiga kali gw tanya yg berharap bgt supaya dia ngaku ternyata gak ngaku juga!. yah udah akhirnya gw keluarin semua brg2 milik gw yg ada dilemarinya. Dan dengan nangis bombay dia bilang "Maapin Nopi Bu.." terus gw nanya lagi kenapa dia berani ngambil dgn seenaknya dia jawab " Habis Bagus bu!..." Lah kalau alasannya itu, semua yg bagus2 di rmh dia incer dong yah..*Huahahaha*. Nopi kerja cuma 4 bulan aja.
Karna saat itu emang gw butuh bgt org yg buat bantu2 gw, gak lama setelah Nopi berhenti dtg gadis tinggi langsing berambut panjang namanya Endang. Endang ini sepupunya Pembantu sebelah rumah nyokap, gw percaya aja nih anak mo serius kerja krn sepupunya yg dah gw kenal sebelumnya orgnya sabar dan kayaknya gak macem2. Lagi2 Dewi Fortuna tidak berpihak ke gw, Nah Endang ini rekornya kerja cuma 10 hari krn gak tahu kenapa tiap pagi kok mukanya gw liat kayak hbs nangis gitu, kalau ditanya alasannya sakit perut. Gw kasih obat katanya obatnya cuma ada dikampung aja, dan obat yg lain gak cocok. sampe2 gw ajak ke dokter dia juga nolak. Pas terakhirnya ketahuan ama gw, ada cowok yg nelpon kerumah, kalau ditanya siapa? dia bilang abangnya tapi yg anehnya kenapa hbs terima telp nangis trs.. dan akhirnya gw putusin kalau mo berenti kerja ngomong aja. Dengan wajah yg hepi gitu dia langsung pulkam saat itu juga..dan dia bilang kesepupunya bhw dia kangen ama pacarnya dan gak kuat kerja jadi pembantu krn sebelumnya dirumahnya gak pernah kerja. *anak kesayangan ibunya* dan dia niat mo kawin.....*kepala gw saat itu cenut-cenut dibikinnya*
Sempet vakum beberapa hari, tanpa pembantu gw kerjain semua PRT sendiri..., terus tiba2 ada lagi dtg org yg niat mo cari uang ..lagi2 masih ABG krn gw pikir gak ada salahnya nyoba lagi..Namanya Sinah, dia juga lumayan pinter dlm urusan beberes, nyuci, dan nyetrika..dan syukur2 gak genit orgnya, juga gak polos2 amat..dan kalau ditanya betah gak kerja disini dia bilang betah. lagi2 ada2 aja yg mungkin gw gak boleh tergantung ama namanya Pembantu, Sinah kerja cuma 2 bulan, dia dijemput pak De nya dgn alasan Neneknya sakit. Waktu itu gw bilang ke Sinah, Ok aku kasih waktu seminggu, tapi kalau dah lewat 1 minggu Sinah belum balik aku dah masukin org baru. DItunggu ampe 2 minggu dia gak ada kabarnya, YA udah...Nasib gw kali yah..harus terjun lagi ke urusan beberes rumah, cuci dan nyetrika pakaian.
Setelah enjoy gw kerjain semuanya sendiri dan saat itu Nabila dah lumayan bisa diajak ngomong (umurnya 1,5 th), jadi dia ngerti bgt saat gw nyapu atau sdg ngepel, Nabila anteng aja didlm kamarnya sambil main di atas spring Bed *yg sengaja gak dikasih divan* dan asyik nonton vcd anak2. Suatu ketika si Sinah nelpon dan berniat mo kerja lagi di tempat gw, langsung gw bilang "maaf yah Nah,.. Ibu dah enak kerja sendiri kok dan lumayan berat badan ibu turun 5 Kg, *hehehe* tanpa diet loh!"
Wuuih...gak berasa ceritanya dah panjang amiir...kesimpulannya Sejak Nabila berumur 1,5 th, sampai NAbila sekarang 3,2 th...gw hepi dan enjoy aja mengerjakan semua PRT sendiri..tanpa harus stres pas mo lebaran (saat dimana pembantu pada pulang) dan ternyata ada hikmahnya juga sekarang... pas ikut mas Nugy sekolah ke Sini. gw gak kaget lagi...dan bener2 jadi sejarah buat keluarga gw secara dalam waktu 1,5 th punya pembantu 5 org *Hahahahaa* "Bye..Bye...semuanya.. pok Ida, Yani, Nopi, Endang dan Sinah Terima kasih yah...dah sempet bantu2 walaupun cuma sebentar, dan yg terakhir.. aku gak akan pernah bisa melupakan kalian...." *Hahahahahaa*
Nah Sekarang gw mo tahu ceritanya para pembantu ini dari Gege, Bibip, dan Ira I... monggo yah...

4 Comments:

Anonymous Niken said...

Ya ampun...byk jg yah pembantu yg mampir ke rmh Ira dulu *geleng2 mode on*. Ternyata Ira itu di Jkt sama kyk aku ya, jd ibu rt beneran, tacchi dong!

Thursday, May 25, 2006  
Anonymous Niken said...

Ya ampun...byk jg yah pembantu yg mampir ke rmh Ira dulu *geleng2 mode on*. Ternyata Ira itu di Jkt sama kyk aku ya, jd ibu rt beneran, tacchi dong!

Thursday, May 25, 2006  
Blogger Gege said...

aduh, pembantu jaman sekarang mah suka aneh2 dan bikin puyeng majikan. Ini pembantu sebelah rumah aja suka bikin pusing aku...apalagi kalo punya pembantu sendiri..nooooo....
Hidup Ibu RT..belom ngalamin punya pembantu sama sekali sih..enjoy ngerjain sendiri, lebih puas hehehe

Friday, May 26, 2006  
Blogger Ina said...

suka duka banget ya mbak....tapi emang rada-rada susah & gampang kali ya, soale, makin pinter aja kelakuan mereka gitu...:))

Sunday, May 28, 2006  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home